Senin, 01 Desember 2014

INDEX TRADING



Index trading merupakan salah satu jenis dari perdagangan futures yang terdiri dari gabungan sejumlah mayoritas saham pilihan pada suatu negara. Index trading atau sering juga disebut dengan stock index juga berfungsi sebagi indikator dari keseluruhan pergerakan harga saham yang diwakilinya. Besar maupun kecilnya nilai kontrak dalam index trading ini ditentukan berdasarkan satuan unit yang biasa dikenal dengan nama lot. Dan masing-masing negara mempunyai aturan main serta kebijakan tersendiri dalam perdagangan index trading ini.
Di Indonesia, para trader Indonesia pada khususnya, masih banyak yang awam mengenai index trading. Hal ini terlihat dengan tidak banyaknya trader yang terjun di index trading. Walaupun demikian, perkembangan index trading di Indonesia sesungguhnya selalu mengalami perkembangan, sekalipun tidak pesat.
Produk-produk index trading itu sendiri yang banyak dikenal diantaranya adalah sebagai berikut :
1.         Hangseng Index (HSI) adalah indeks pasar gabungan di Hong Kong yang harganya disesuaikan berdasarkan market capitalization atau price weighted.
2.         Nikkei (SSI) adalah pasar indeks saham di Tokyo.
3.         Kospi (KS) adalah gabungan seluruh saham yang diperdagangkan di Stock Market Division, Korea Exchange.
4.         Dow Jones (DJ) adalah pasar saham indeks, yang merupakan salah satu indeks yang dibentuk oleh Wall Street Journal Dow Jones Indexes, yang kepemilikannya dimiliki oleh CME Group.
5.         Nasdaq (NQ) adalah pasar saham Amerika yang aslinya berdiri untuk “National Association of Securities Dealers Automated Quotations”.
6.         S&P 500 (SP) adalah salah satu indeks saham yang paling sering diikuti, dianggap sebagai pemimpin biri-biri untuk ekonomi Amerika, dan termasuk dalam Indeks Indikator Leading.
Beberapa keuntungan yang dijanjiakan dengan bertrading index ini diantaranya adalah sebagai berikut :
1.         Adanya leverage yang memungkinkan seseorang untuk mengurangi resiko dalam perdagangan saham.
2.     Pergerakan dua arah yang terjadi di pasar indeks sangat memberikan keuntungan kepada para investor.
3.     Perdagangan index menjadi salah satu transaksi yang paling mudah, karena memanfaatkan teknologi internet.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar