Senin, 24 Juni 2013

12 Karakter Trader Sukses (part 1)

Banyak buku panduan hidup yang menyatakan kesuksesan dalam hidup biasanya dicapai oleh orang yang disiplin, fokus, punya passion, komitmen, determinasi dan percaya diri. Karena trading adalah bagian kehidupan maka kesuksesan trading tidak melenceng jauh dari 6 hal diatas.

Buku karangan Jack D Schwager, Market Wizards menceritakan ratusan bahkan ribuan trader sukses. Dan bila kita coba bandingkan, maka akan mucul 12 karakter yang dimiliki sebagian besar trader-trader tersebut. Jika anda ingin benar-benar menjadi trader sukses, ada baiknya berusaha mencapai dan memiliki karakter-karakter tersebut.

Kedisiplinan.
Trader sukses adalah trader yang 100% disiplin mengikuti aturan yang dia buat, dan sama sekali tidak melanggarnya. Ada banyak kasus dimana trader merasa cukup hanya mengikuti intuisi tradingnya dan berakhir merugikan accountnya sendiri. Ingatlah bahwa trading bukan hanya untuk satu hari dan masih harus bisa dilakukan keesokan harinya.
Market membayar anda untuk menjadi orang yang disiplin

Kalah dengan benar
Adalah suatu kemustahilan untuk meraih rekor 100% dalam trading. Tapi bagaimana seorang trader memanage kekalahannya itu yang membedakan trader sukses dan trader yang gagal. Trader sukses selalu menggunakan stop loss yang wajar, selalu menutup posisi menang jika sudah mencapai target tanpa berharap akan meninggi lagi dan akhirnya kalah, serta tidak mengambil resiko besar sehingga tidak mengalami kerugian besar.

Komitmen untuk Belajar
Dengan market yang selalu berubah dan beradaptasi, bahkan trader yang paling berpengalamanpun selalu kembali mempelajarinya. Jadi sebelum anda terjun ke market, pelajari dan pahamilah market tersebut.
Berjanjilah pada dirimu sendiri untuk tidak pernah berhenti belajar

Sadarilah Kepribadian Anda
Metode trading tiap orang tentulah berbeda-beda, tetapi temukanlah kepribadian anda, dan buat metode yang sesuai dengan kepribadian itu. Karena jika metode yang anda ikuti bertentangan dengan kepribadian, maka anda akan selalu ragu dan market akan "menghabisi" anda dari situ. Seperti suatu pertempuran yang tak mungkin anda menangkan.
Jujurlah pada diri anda, dan bangun metode trading yang sesuai


Tidak ada komentar:

Posting Komentar