Jumat, 04 April 2014

COCOKKAH SAYA BERTRADING EMAS ONLINE?


Banyak kisah trader sukses yang cukup menginspirasi seseorang untuk ikut terjun dalam dunia trading. Namun, sadarkah kita bahwa kisah inspirasi saja tidak cukup untuk dijadikan bekal dalam terjun ke bisnis trading forex. Mengapa? Karena dibutuhkan juga ketekunan dan semangat yang tinggi agar mampu berhasil menjadi seorang trader yang sukses.
Emas merupakan salah satu bentuk asset dalam bertrading selain mata uang. Harganya yang cenderung selalu naik membuat banyak trader teriming-iming akan keuntungan besar yang akan diraih. Tapi belakangan, dalam sebuah tulisan dijelaskan bahwa api semangat akan trading emas itu padam, karena ternyata begitu banyak trader yang kecewa dan merasa tersakiti akan pengalaman trading emas online.
Fakta ataupun hanya sekedar isapan jempol belaka, nyatanya memang mimpi sukses dalam trading emas online itu tidaklah datang untuk semua orang, karena bagaimanapun juga harus diakui bahwa tidak semua karakter orang adalah sama. Hal ini dibuktikan dengan fakta menyebutkan bahwa beberapa orang memang ada yang tidak memiliki “kriteria sukses bertrading emas online”. Beberapa faktor yang mungkin berpengaruh di dalamnya adalah faktor modal, mental, disiplin, dan atau pengetahuan yang tidak dimilikinya. Karena pertimbangan-pertimbangan faktor inilah yang akhirnya mau tidak mau harus membuka mata kita untuk mampu menilai diri apakah kita sudah cocok untuk bertading emas online. 
1.         Faktor modal
Salah satu kesalahan trader yang membuatnya tidak cocok dalam bertrading emas online adalah karena kurangnya modal. Karena, banyak dari mereka yang ternyata modal utamanya adalah mengandalkan pemasukan sehari-hari semata. Akhirnya ketika mereka terkena loss akan timbul rasa kecewa yang luar biasa, ditambah dengan sifat uang yang memang sensitif. Sehingga, perlu lah memiliki modal yang cukup dengan secara terpisah memisahkan antara uang keperluan sehari-hari dengan uang modal untuk bertrading, agar ketika kita loss, kita masih memiliki cadangan dana lainnya.
2.         Faktor mental 
Sikap mental yang terkadang suka terlupa oleh seorang trader, padahal hal ini amatlah penting. Mempersiapkan mental sebaik-baiknya untuk menghadapi loss adalah lebih baik ketimbang hanya memotivasi diri untuk selalu untung hingga pada akhirnya hanya akan menimbulkan sifat serakah. Trading emas online membutuhkan sikap mental yang harus ditata, yang merupakan kalkulasi gabungan dari emosi yang terkendali dengan strategi trading yang diterapkan. Dan jika kita dalam bertrading emas online merasa kurang yakin dan selalu menggeser-geser level stop loss, alangkah lebih baiknya jika kita menginvestasikan dana yang kita miliki ke bisnis lain.
3.         Faktor disiplin 
Bukan hanya dalam bertrading, dalam kehidupan sehari-haripun disiplin adalah hal yang penting. Disiplin merupakan salah satu bentuk komitmen seorang trader terhadap strategi trading dalam dirinya. Namun, ternyata pada faktanya banyak trader yang kurang memiliki komitmen dalam trading emas online. Hal ini dikarenakan mereka para trader banyak memberi “kelonggaran” pada kedisiplinan mereka selama mencapai tujuan utama bertrading.
4.         Faktor pengetahuan yang tidak dimiliki
Banyak membaca dan berbagi antar sesama trader merupakan salah satu hal yang dapat dilakukan untuk menambah pengetahuan kita seputar dunia trading emas online. Namun, jangan karena kebanyakan membaca kisah-kisah yang melulu meraih profit lantas membuat kita jadi berangan-angan, tapi pupuklah benar-benar pengetahuan kita agar kita tahu betul apa itu trading emas online, sehingga nantinya kita akan tahu bagaimana cara membenahi diri sendiri dengan pengetahuan yang kita miliki sebelum berani menjajal trading emas online.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar